10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

10 Fitur Baru Microsoft Office Excel 2016 Yang Perlu Anda Ketahui

Menjelaskan tentang fitur-fitur terbaru pada Office Excel 2016 serta penyempurnaan pivot table serta beberapa fitur lain pada Microsoft Excel 2016.
Fitur Baru Microsoft Excel 2016

Fitur Baru Excel 2016 - Pada September 2015, microsoft resmi merilis Office 2016 dengan berbagai macam fitur terbarunya. Sebagai bagian dari Office 2016, Microsoft office Excel 2016 tentunya juga ikut mendapatkan perbaikan dan penambahan fitur-fitur baru.

Lalu fitur baru apa saja yang microsoft tawarkan pada versi excel 2016 ini?

Apabila Anda sudah menggunakan Excel 2010 atau Excel 2013 memang tidak ada perubahan berarti dari sisi user interface Excel 2016. Antarmuka Excel 2016 sangat mirip dengan versi sebelumnya, begitupun dengan sebagian besar cara kerja dan fiturnya.

Namun, ada sejumlah pembaharuan serta perbaikan yang dirancang agar Office Excel 2016 lebih baik dan lebih mudah digunakan untuk menyempurnakan versi sebelumnya.

Berikut ulasan 10 fitur baru pada Excel 2016:

"Tell Me" Box

Anda bisa menemukan sebuah kotak yang bertuliskan "Tell me what you want to do..." dibagian atas ribbon excel 2016 yang juga bisa di akses dengan Shortcut Alt + Q.

Pada kotak tersebut, tuliskan beberapa frasa kalimat atau kata yang terkait dengan apa yang ingin Anda lakukan. Office Excel 2016 otomatis akan menyediakan beberapa fitur yang terkait dengan kebutuhan anda.

Tell Me Box Excel 2016

Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan bantuan terkait dengan istilah tertentu pada excel yang belum anda fahami.

New Chart Types

Selain kotak "Tell Me", pada excel 2016 anda juga akan menemukan beberapa tipe Chart atau diagram baru yang tidak ada pada versi sebelumnya.

Lebih tepatnya Excel 2016 menambahkan 6 tipe bagan atau chart: Treemap, Sunburst, Pareto, Histogram, Box and wishker, dan Waterfall.

Tipe Chart Baru Pada Excel 2016

Get & Transform

Fitur ini sebelumnya tersedia secara terpisah sebagi add-in yang disebut dengan Power Query.

Pada excel 2016 fitur ini tersedia secara default (bawaan) yang bisa anda temukan pada Tab Data--Group Get & Transform.

Dengan fitur ini, selain digunakan pada data yang sudah ada di excel, Anda juga dapat mengimport data dari sumber lain secara mudah dan cepat untuk di transformasi yang kemudian bisa Anda olah lebih lanjut.

Get & Transform Excel 2016

Selain mengimpor file CSV(Comma Separated Values) dan file excel lain, dengan fitur baru ini sekarang Anda dapat mengimport data dari berbagai sumber database (SQL, Access, Oracle, IBM, dll.), Azure maupun sumber lain semisal facebook dan Salesforce.

Forecasting

Pada versi excel sebelumnya excel sudah menyediakan fungsi FORECAST sebagai fungsi untuk menghasilkan tren atau perkiraan linear nilai masa depan berdasarkan nilai yang sudah ada.

Pada Excel 2016 fungsi ini digantikan dengan fungsi baru yakni FORECAST.LINEAR dan juga ditambahkan dengan beberapa varian lain:

  1. FORECAST.ETS
  2. FORECAST.ETS.CONFINT
  3. FORECAST.ETS.SEASONALITY
  4. FORECAST.ETS.STAT

Selain fungsi-fungsi excel tersebut Excel 2016 juga menyediakan fitur Forecast Sheet yang bisa Anda temukan pada Tab Data--Group Forecast.

Forecasting Excel 2016

Dengan fitur ini, asalkan Anda memiliki jumlah data yang layak dan memenuhi kriteria, Excel akan mampu meramalkan trend data anda ke masa depan serta menunjukkan tingkat kepercayaan ramalan tersebut.

Fitur ini juga sudah cukup cerdas dengan adanya opsi perkiraan trend musiman serta menghasilkan grafik garis atau batang sehingga lebih enak di lihat.

Quick Analysis Tools

Quick analysis tool adalah alat yang akan menghemat waktu Anda. Pada dasarnya fitur yang juga bisa diakses dengan Shortcut Alt + Q ini juga sudah tersedia pada versi office excel 2013 dan disempurnakan pada versi Excel 2016 yang baru.

Quick Analysis Tools Excel 2016

Quick analysis tool menyediakan beberapa menu pilihan untuk melakukan formatting, menambahkan chart atau sparkline, melakukan penjumlahan, serta membuat tabel secara otomatis.

Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah Anda selesai mengisi data pada spreadsheet atau tabel, pilih/seleksi seluruh rentang data anda. Perhatikan ikon lembar kerja petir di sudut kanan bawah. Klik ikon ini dan menu lain akan muncul yang memperlihatkan beberapa opsi atau pilihan menu untuk apa yang harus dilakukan dengan data ini.

3D Maps - PowerMap

3D Maps Excel 2016

Pada versi sebelumnya fitur ini dinamakan Power Map yang merupakan Add-in terpisah. Pada Excel 2016 fitur ini tersedia secara bawaan default dengan nama "3D Maps" yang bisa anda temukan pada Tab Insert--Group Tours.

3D Maps bisa anda gunakan untuk menampilkan perbandingan data berdasarkan lokasi kota atau negara. Dengan fitur ini visualisasi data tentu akan lebih menarik.

Smart Lookup

Smart Lookup adalah fitur baru yang tersedia pada Office 2016.

Fitur ini secara otomatis akan menemukan informasi di Web menggunakan mesin pencari Bing tanpa memaksa pengguna untuk membuka browser Internet dan menjalankan pencarian secara manual.

Untuk menggunakan Smart Lookup pada Excel 2016 pilih frasa kata atau kalimat pada sel exel kemudian klik kanan dan pilih menu Smart Lookup.

Smart Lookup Excel 2016

Panel wawasan atau Insight akan terbuka dan menampilkan definisi, artikel Wiki, dan pencarian terkait yang teratas dari web. Anda juga dapat mengakses Smart Lookup kapan saja dengan masuk ke menu Review--Smart Lookup dan memasukkan kueri pencarian di sana.

Ink Equations

Ink Equations Excel 2016

Dengan Excel 2016, memasukkan persamaan matematika akan jauh lebih mudah. Kapanpun anda ingin menyisikan persamaan matematika sederhana atau kompleks pada sebuah Sheet excel, gunakan fitur Ink Equations yang bisa Anda temukan pada Tab Insert--Group Symbols--pilih Equation.

Berbagi dan Berkolaborasi Dengan Mudah dan Praktis

Pada sudut kanan atas excel 2016 Anda bisa menemukan menu Share atau berbagi yang bisa Anda gunakan untuk berbagi file excel Anda dengan orang lain di SharePoint, OneDrive, atau OneDrive for Business.

Sharing and collaborating data Excel 2016

Sebelumnya fitur ini hanya bisa Akses melalui BackstageView.

Perubahan pada excel 2016 menyatukan dua aspek utama kolaborasi: siapa yang memiliki akses ke dokumen tertentu dan siapa yang saat ini mengerjakan dokumen tersebut bersama dengan Anda.

Sekarang Anda dapat menampilkan kedua potongan informasi ini dari kotak dialog Share.

Penyempurnaan PivotTable

Jika anda belum kenal dengan Pivot Table, sepertinya penyempurnaan fitur ini tidak cukup berarti untuk Anda. Namun bagi peminat Pivot Table saya yakin penyempurnaan fitur Pivot Table pada Excel 2016 ini akan sangat membantu kebutuhan Anda.

Berikut beberapa penambahan serta penyempurnaan fitur Pivottable Excel 2016:

Automatic relationship detection

Di Excel 2013, membuat Pivottable dari dua atau lebih set data adalah operasi yang relatif sulit sebab harus menggunakan Tool Relationship Excel untuk menentukan nama bidang penghubung antara tabel database terpisah.

Excel 2016 membuat proses ini sedikit lebih mudah dengan tombol Deteksi Otomatis yang dapat membandingkan beberapa tabel basis data untuk mengidentifikasi nama kolom umum, dan kemudian menemukan dan membuat hubungan di antara tabel yang digunakan untuk model data pada workbook Excel secara otomatis.

Excel 2016 mengetahui kapan analisis Anda membutuhkan dua atau beberapa tabel untuk ditautkan bersama-sama dan memberitahu Anda.

Dengan sekali klik, Excel 2016 melakukan pekerjaannya untuk membangun hubungan, sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan segera.

Creating, editing, and deleting custom measures

Dengan Excel 2016 Pembuatan, pengeditan dan penghapusan "custom measures" dapat dilakukan secara langsung dari daftar bidang PivotTable, menghemat banyak waktu saat Anda perlu menambahkan penghitungan tambahan untuk analisis Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan memiliki setidaknya tiga tabel yang ditambahkan ke Model Data Excel (dengan hubungan yang tepat didefinisikan, sesuai kebutuhan), dan kemudian klik kanan tabel dalam daftar Bidang PivotTable dan pilih opsi "Add Measure...".

Date Grouping

PivotTable pada Excel 2016 secara otomatis mengelompokkan bidang tanggal dan waktu menjadi tahun, kuartal, dan bulan.

Setelah field dikelompokkan bersama, Anda dapat menyeret grup ke PivotTable Anda dalam satu tindakan untuk mendistribusikan data Anda di berbagai tingkat waktu dengan kemampuan drilldown.

Pada versi Excel sebelumnya, data PivotTable diplot berdasarkan tanggal tertentu, dan pengguna harus menentukan pengaturan grup tanggal secara manual menggunakan alat pengelompokan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam, Anda cukup menggunakan opsi + di samping segmen tanggal untuk memperluas tingkat pengelompokan berikutnya. Saya pikir Anda akan merasa jauh lebih mudah mengelola data.

PivotChart drilldown buttons

Tombol telusuri PivotChart memungkinkan Anda untuk memperbesar dan memperkecil pengelompokan waktu dan struktur hierarki lainnya di dalam data Anda.

Search field

PivotTable telah direvitalisasi dengan bilah penelusuran (Search field) yang akan mempermudah saat Anda menangani kumpulan data besar dengan berbagai bidang (field) yang penting bagi Anda di seluruh rangkaian data Anda.

Smart rename

Smart rename (Penggantian nama cerdas) memberi Anda kemampuan untuk mengganti nama tabel dan kolom dalam model data pada workbook.

Dengan setiap perubahan, Excel 2016 secara otomatis memperbarui setiap tabel dan perhitungan terkait di seluruh workbook, termasuk semua worksheet dan rumus DAX.

Defer Layout Update

Mirip dengan pengaturan opsi Workbook Calculation ke Manual (Tab Formula--Calculation Options) untuk mencegah buku kerja Anda menghitung ulang setelah setiap pengeditan, fitur PivotTable baru yang disebut Defer Layout Update (lihat screenshot di bawah) memungkinkan Anda menunda memperbarui perhitungan PivotTable Anda saat Anda melakukan beberapa perubahan pada data Pivot Anda.

Defer Layout Update

Setelah Anda menyelesaikan pengeditan, perubahan Anda dapat diperbarui di seluruh buku kerja dengan menekan tombol Pembaruan, tidak mencentang opsi "Defer Layout Update", atau menutup jendela PivotTable atau PowerPivot.

Multi Select Slicer

Sebelumnya hanya satu item pada Slicer. Pada Excel 2016 Anda bisa memilih beberapa item dalam Slicer.

Sekian pembahasan kita mengenai 10 Fitur Terbaru di Excel 2016. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Jika Anda suka artikel semacam ini, jangan ragu untuk share ke media sosial yang anda kelola. Terima kasih.

LANGGANAN GRATIS!

Dapatkan update tutorial excel gratis langsung ke email anda.