Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Rumus INDEX Excel: Panduan cara menggunakan fungsi INDEX pada microsoft excel untuk mencari data berdasarkan informasi nomor kolom dan baris tertentu.
Fungsi Rumus Index Pada Microsoft Excel

Di dalam Microsoft Excel, Fungsi INDEX termasuk dalam kategori Lookup and Reference atau fungsi pencarian dan referensi. Kategori ini sama dengan Fungsi Lookup, Hlookup dan Vlookup yang sudah kita bahas sebelumnya.

Pengertian Fungsi INDEX Excel

Fungsi INDEX pada Excel digunakan untuk mendapatkan nilai atau referensi ke sebuah nilai pada sebuah tabel atau rentang.

Dengan kata lain untuk mendapatkan nilai dari suatu sel berdasarkan pencarian pada table/range data pada worksheet kita. Pencarian dengan fungsi INDEX pada rumus excel ini berdasarkan informasi posisi kolom dan baris, dengan acuan berupa kolom dan baris pertama table/range data tertentu.

Jika disederhanakan lagi fungsi INDEX digunakan untuk mendapatkan nilai suatu sel berdasarkan informasi nilai kolom dan baris tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi INDEX Excel

Fungsi INDEX memiliki dua jenis sintaksis atau cara penggunaaan sebagai berikut:

Sintaksis fungsi INDEX 1

INDEX(array; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom])

Argumen dari sintaks pertama fungsi INDEX ini adalah:

  • Array: Diperlukan. Sebuah range data atau konstanta array.
    1. Jika array hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom terkait opsional.
    2. Jika array memiliki lebih dari satu baris dan lebih dari satu kolom, dan hanya Nomor_Baris atau Nomor_Kolom saja yang digunakan, maka INDEX mengembalikan barisan seluruh baris atau kolom dalam array.
  • Nomor_Baris: Diperlukan. Memilih baris di dalam array yang mengembalikan nilai. Jika Nomor_Baris dikosongkan, maka Nomor_Kolom diperlukan.
  • Nomor_Kolom: Opsional. Memilih kolom di dalam array yang mengembalikan nilai. Jika Nomor_Kolom dikosongkan, maka Nomor_Baris diperlukan.
Catatan:
  • Jika argumen Nomor_Baris dan Nomor_Kolom digunakan, maka INDEX mengembalikan nilai di dalam sel di irisan Nomor_Baris dan Nomor_Kolom.
  • Jika Anda menentukan Nomor_Baris atau Nomor_Kolom sebagai 0 (nol), maka INDEX mengembalikan barisan nilai untuk masing-masing kolom atau baris secara keseluruhan.
  • Untuk menggunakan nilai-nilai yang dikembalikan sebagai array, masukkan fungsi INDEX sebagai rumus array di dalam rentang sel horizontal untuk baris, dan di dalam rentang sel vertikal untuk kolom. Untuk memasukkan rumus array, tekan tombol Ctrl + Shift + Enter.
  • Nomor_Baris dan Nomor_Kolom harus merujuk ke sebuah sel di dalam array. Jika tidak, INDEX mengembalikan nilai kesalahan #REF!

Sintaksis fungsi INDEX 2

INDEX(reference; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom]; [Nomor_Area])

Argumen dari sintaks ke-2 fungsi INDEX ini adalah :

  • Reference: Diperlukan. Referensi ke satu atau lebih rentang sel.
    1. Jika Anda memasukkan rentang yang tidak berdekatan untuk referensi, maka sertakan referensi di dalam kurung.
    2. Jika setiap area di dalam referensi hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom, secara berurutan, opsional. Misalnya, untuk referensi baris tunggal, gunakan INDEX(reference,,Nomor_Kolom).
  • Nomor_Baris: Diperlukan. Nomor baris di dalam referensi yang mengembalikan nilai.
  • Nomor_Kolom: Opsional. Nomor baris di dalam referensi yang mengembalikan nilai.
  • Nomor_Area: Opsional. Memilih rentang di dalam referensi yang mengembalikan irisan Nomor_Baris dan Nomor_Kolom. Area pertama yang dipilih atau dimasukkan diberi nomor 1, yang kedua 2, dan seterusnya. Jika Nomor_Area dikosongkan, maka INDEX menggunakan area 1.
Catatan :
  • Setelah Referensi dan Nomor_Area memilih rentang tertentu, Nomor_Baris dan Nomor_Kolom memilih sel tertentu: Nomor_Baris 1 adalah baris pertama di dalam rentang, Nomor_Kolom 1 adalah kolom pertama, dan seterusnya.

    Referensi yang dikembalikan oleh INDEX adalah irisan Nomor_Baris dan Nomor_Kolom.

  • Jika Anda menentukan Nomor_Baris atau Nomor_Kolom sebagai 0 (nol), maka INDEX mengembalikan referensi untuk masing-masing kolom atau baris secara keseluruhan.
  • Nomor_Baris, Nomor_Kolom dan Nomor_Area harus menunjuk ke sebuah sel di dalam referensi; kalau tidak, maka INDEX mengembalikan nilai kesalahan #REF! Jika Nomor_Baris dan Nomor_Kolom dikosongkan, maka INDEX mengembalikan area di dalam referensi yang ditentukan oleh Nomor_Area.
  • Hasil fungsi INDEX adalah referensi dan diterjemahkan seperti itu oleh rumus lain. Tergantung rumusnya, nilai yang dikembalikan INDEX dapat digunakan baik sebagai referensi atau sebagai nilai.

    Misalnya, rumus CELL("width",INDEX(A1:B2,1,2)) sama dengan CELL("width",B1). Fungsi CELL digunakan untuk mengembalikan nilai INDEX sebagai referensi sel. Sebaliknya, rumus seperti 2*INDEX(A1:B2,1,2) menerjemahkan nilai yang dikembalikan INDEX menjadi nomor di sel B1.

Contoh Rumus INDEX Excel

Untuk contoh-contoh penerapan fungsi INDEX Excel sederhana perhatikan gambar dibawah ini.

Contoh Untuk Sintaksis Pertama

Belajar Cara Menggunakan Fungsi INDEX Microsoft Excel

Contoh Untuk Sintaksis Kedua

Belajar Cara Menggunakan Fungsi INDEX Microsoft Excel

Download File Contoh Rumus INDEX Excel

Untuk lebih memahami bagaimana cara menggunakan rumus Index ini, silahkan download file contoh fungsi INDEX di bawah ini.

Download File *Jika link mati / tidak dapat diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia

LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk download file!

Penerapan fungsi INDEX pada rumus excel seringkali digabungkan dengan fungsi atau rumus match. Untuk tutorialnya bisa anda pelajari pada laman berikut: Rumus Excel Index-Match, Alternatif Pengganti VLOOKUP

Untuk lebih memahami bagaimana fungsi INDEX excel ini digunakan silahkan kembangkan kreatifitas anda utnuk diterapkan dalam rumus-rumus excel. Jika ada masalah silahkan tinggalkan komentar dibagian bawah postingan ini. semoga bermanfaat.

LANGGANAN GRATIS!

Dapatkan update tutorial excel gratis langsung ke email anda.