Rumus Hlookup Excel - Jika sebelumnya kita menggunakan VLOOKUP untuk mencari data pada tabel berbentuk Vertikal, sekarang kita akan belajar cara menggunakan Fungsi atau Rumus HLOOKUP Excel untuk mencari data pada tabel berbentuk Horisontal.
Pengertian Fungsi HLOOKUP Excel
Sebenarnya fungsi HLOOKUP sama dengan fungsi VLOOKUP yang membedakan adalah bentuk tabel dan letak value yang akan dicari. Rumus Excel Hlookup merupakan salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut.
Jika value yang kita cari dengan Fungsi VLOOKUP ada pada kolom pertama sebuah tabel atau range dan nilai yang dihasilkan ada pada baris yang sama, maka pencarian dengan HLOOKUP ada pada baris pertama sebuah tabel atau range dan hasil yang dikembalikan ada pada kolom yang sama.
Awalan huruf "H" didepan kata Hlookup merupakan singkatan dari kata Horizontal. Istilah horisontal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian kiri dan field datanya tersusun samping secara horisontal.
Fungsi Hlookup Excel ini tersedia disemua versi Ms. Excel, Baik versi Excel 2016, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP maupun Excel 2000.
Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP Excel
Berikut ini cara menggunakan fungsi Hlookup pada rumus excel:
HLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorBaris; [RangeLookup])
Sama dengan Fungsi VLOOKUP Excel, Fungsi HLOOKUP juga memiliki empat argumen:
- NilaiYangDiCari
- Nilai yang dicari pada baris pertama tabel. NilaiYangDiCari bisa berupa nilai, referensi, atau string teks.
- TabelReferensi
- Tabel data dimana NilaiYangDiCari akan di temukan pada baris pertamanya. Gunakan referensi ke sebuah range, tabel, nama range atau nama tabel.
- NomorBaris
- Nomor baris dalam TabelReferensi yang akan menghasilkan nilai yang cocok.
- RangeLookup
- Berisi TRUE atau FALSE. Nilai logika ini akan menentukan apakah kita ingin Hlookup mencari kecocokan yang sama persis atau kecocokan yang mendekati. Jika berisi TRUE atau dikosongkan (tidak diisi) maka Hlookup menghasilkan kecocokan yang mendekati. Jika FALSE, HLOOKUP akan menemukan kecocokan persis. Jika tidak ditemukan, akan menghasilkan nilai kesalahan #N/A.
Contoh Rumus HLOOKUP Excel
Saat Menggunakan fungsi/rumus Hlookup untuk melakukan pencarian data yang sama persis, pastikan Anda mengisi RangeLookup dengan nilai FALSE.
=HLOOKUP(A8;A2:E6;3;FALSE)
Rumus Hlookup diatas mencari posisi Teks "Semangka" yang merupakan nilai dari sel A8 pada baris pertama Tabel referensi A2:E6.
Semangka ada pada kolom ke-3 pada tabel tersebut. Kemudian fungsi Hlookup akan menghasilkan baris ke-3 yang sejajar/sekolom dengan posisi teks "Semangka". Hasilnya adalah 20.
=HLOOKUP(A8;A2:E6;3;TRUE)
Rumus diatas pada dasarnya sama dengan rumus pertama. Hanya saja nilai TRUE digunakan pada Argumen RangeLookup karena nilai teks "Semangka" ditemukan, Rumus Hlookup menghasilkan nilai yang sama dengan rumus sebelumnya.
Lalu bagaimana jika NilaiYangDiCari tidak ditemukan pada baris pertama TabelReferensi?
Rumus HLOOKUP Menghasilkan Error #NA
Perhatikan contoh berikut.
=HLOOKUP(A8;A2:E6;3;FALSE)
Dengan rumus diatas Hlookup ingin mencari nilai A8 (Tanggal 05/07/2014) pada baris pertama range A2:E6. Pada tabel tersebut data tanggal tersebut ternyata tidak ditemukan.
Karena memakai RangeLookup "FALSE" yang berarti Fungsi HLOOKUP harus mencari nilai yang sama persis, maka rumus HLOOKUP menghasilkan pesan error #NA, sebab nilai tanggal 05/07/2014 tidak bisa ditemukan.
Berbeda jika RangeLookup kita isi dengan "TRUE" seperti pada contoh ke-2:
=HLOOKUP(A8;A2:E6;3;TRUE)
Meskipun Tanggal 05/07/2014 tidak ditemukan pada baris pertama TabelReferensi. HlookUp akan menggunakan nilai terdekat yg lebih kecil dari NilaiYang Dicari. Nilai tersebut adalah 04/04/2014. Sehingga pada contoh ini rumus/fungsi HlookUp menghasilkan nilai 40.
Dengan menggunakan nilai "TRUE" pada RangeLookup maka apabila fungsi HLOOKUP tidak dapat menemukan NilaiYangDiCari, maka yang digunakan adalah nilai terbesar yang kurang dari NilaiYangDiCari.
Lalu apabila tidak ada nilai yg lebih kecil dari Nilai Yang dicari bagaimana?
Jika NilaiYangDiCari lebih kecil daripada nilai terkecil dalam baris pertama TabelReferensi, HLOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #N/A.
perhatikan contoh berikut.
Pada contoh diatas Rumus HLOOKUP di excel mencari nilai tanggal 01/01/2014, tanggal tersebut ternyata tidak ditemukan. Selain tidak ditemukan ternyata tanggal yang lebih kecil juga tidak ada. sehingga kedua rumus excel pada contoh tersebut menghasilkan nilai kesalahan #NA.
Menggunakan Wildcart Character (?/*) Pada Rumus HLOOKUP
Untuk tabel referensi yang baris pertamanya bernilai Teks semua dan memakai argumen RangeLookup FALSE maka kita dapat menggunakan karakter wildcard, tanda tanya (?) dan tanda bintang (*) pada NilaiYangDiCari.
=HLOOKUP("R*";A2:E6;3;FALSE)
Rumus Hlookup Excel diatas mencari teks yang diawali dengan huruf "R" dan diikuti oleh karakter apapun. Pada baris pertama TabelReferensi A2:E6 yang memenuhi kriteria tersebut adalah teks "Rambutan" sehingga Rumus/Fungsi Halookup meghasilkan baris ke-3 dari posisi tersebut yakni angka 20 pada sel D4.
=HLOOKUP("????";A2:E6;4;FALSE)
Dengan rumus diatas Fungsi Hlookup mencari teks dengan jumlah karakter 4 (????). Nilai teks yang memenuhi kriteria ini adalah teks "Apel", sehingga Fungsi Hlookup menghasilkan nilai 40 yang merupakan nilai pada baris ke-4 dari tabel referensi A2:E6.
Tidak sulit bukan? Jika anda masih mulai belajar excel, dua fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP excel memang agak membingungkan. Untuk itu kita harus banyak berlatih dalam menggunakan dua fungsi excel ini.
Selain Fungsi Atau rumus Vlookup dan Hlookup masih ada lagi fungsi excel yang mirip dengan kedua fungsi ini, yakni fungsi Lookup excel yang akan dibahas pada bagian tutorial excel selanjutnya.
Demikian tutorial tentang cara menggunakan fungsi Hlookup pada microsoft excel. Jika masih ada pertanyaan silahkan disampaikan pada kolom komnetar yang tersedia.