Cara Menggunakan Fitur FIND dan REPLACE Excel (Bagian 2)

Cara Menggunakan Fitur FIND dan REPLACE Excel (Bagian 2)

Panduan lengkap fitur Replace di excel untuk mengganti kata atau sebuah teks dengan kata lainnya sekaligus pada microsoft excel.
Cara Menggunakan Fitur Replace Excel

Find AND Replace Microsoft Excel - Tutorial excel kali ini merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya tentang fitur FIND and REPLACE pada Microsoft Excel. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang fitur FIND sekarang kita akan belajar menggunakan fitur REPLACE.

Untuk tutorial sebelumnya bisa Anda temukan disini:

Yang akan kita pelajari pada tutorial kali ini antara lain tentang penggunaan fitur REPLACE secara lebih mendalam untuk mengubah atau mengganti teks tertentu, merubah karakter tertentu, serta merubah teks dengan format sel tertentu dengan format sel lainnya.

Jika anda bermaksud menemukan serta mengganti sebuah teks dengan teks lain menggunakan rumus excel maka yang anda butuhkan adalah fungsi Find atau fungsi Search dan fungsi Replace.

Menggunakan Fitur REPLACE Pada Microsoft Excel

Fitur FIND yang terdapat pada Microsoft Excel digunakan untuk melakukan pencarian data. Sedangkan fitur REPLACE adalah fitur pada microsoft excel yang digunakan untuk mencari atau menemukan nilai tertentu kemudian mengubahnya menjadi nilai atau teks lainnya.

Cara Mengganti Teks Tertentu Dengan Teks Lainnya

Untuk merubah beberapa karakter teks pada sel-sel microsoft excel sekaligus, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih atau seleksi range data tertentu yang ingin kita rubah untuk membatasi jangkuan. Jika menghendaki perubahan untuk semua data pilih atau selesi sembarang sel. Pada contoh ini saya melakukan seleksi pada kolom C untuk merubah teks "Sumatra" menjadi "Sumatera". Fitur REPLACE Microsoft Excel
  2. Buka Tab REPLACE pada kotak dialog FIND and REPLACE pada menu Home--Editing Group--Find & Select--Replace.... Bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan Shortcut Ctrl + H. Fitur REPLACE Microsoft Excel
  3. Pada bagian Find what: tuliskan karakter teks yang akan kita rubah.
  4. Pada bagian Replace with: tuliskan karakter teks penggantinya. Fitur REPLACE Microsoft Excel
  5. Pilih Replace All untuk merubah semua karakter teks yang ditemukan dengan karakter teks baru. atau pilih Replace jika anda menghendaki mengubah satu persatu

Untuk opsi penggantian karakter teks lebih lanjut anda bisa menggunakan opsi-opsi yang disediakan. Secara garis besar opsi-opsi ini sama dengan fitur FIND yang sudah dijelaskan pada tutorial bagian pertama.

Cara Menghapus Teks Atau Karakter Tertentu

Ada kalanya kita membutuhkan untuk menghilangkan semua karakter teks tertentu. Misalnya kita ingin menghilangkah teks "Sdr." pada sekumpulan data yang berisi nama-nama orang.

Untuk melakukan hal ini kita cukup memasukkan karakter teks yang ingin kita hilangkan, misal "Sdr." pada bagian Find what: dan mengosongkan nilai pada bagian Replace with:.

Fitur REPLACE Microsoft Excel

Menggganti Format Teks Dengan Format Lainnya

Pada bagian pertama tutorial ini telah diulas tentang mencari teks dalam format tertentu. Untuk kebutuhan tertentu kita juga merubah format banyak sel yang kita tentukan dengan format lain menggunakan fitur Replace ini. Caranya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Tab REPLACE pada kotak dialog FIND and REPLACE dan Pilih menu Options
  2. Isi bagian Find What: dan ReplaceWith: jika diperlukan atau kosongkan saja jika hendak mengganti format saja.
  3. Tentukan format awal dan format penggantinya. Jika menghendaki otomatis mengambil format dari sel yang sudah ada, pilih Choose Format From Cell... atau pilih Format... jika menghendaki mengatur format secara manual.
  4. Klik Replace All dan lihat hasil akhirnya. Jika ada kesalahan anda bisa melakukan undo atau dengan Ctrl + Z.
Fitur REPLACE Microsoft Excel
Jika menggunakan fitur FIND and REPLACE dengan format tertentu, jangan lupa melakukan Clear Find Format setiap melakukan pencarian baru. Sebab format tersebut akan tetap tersimpan sampai kita keluar dari excel.

Cara Menggunakan Wildcard Character

Untuk mengisi bagian Find What: baik untuk fitur FIND maupun fitur REPLACE kita bisa menggunakan wildcard characters. Hal ini diperlukan untuk melakukan pencarian dan mengganti karakter teks tertentu yang semi tidak tentu secara otomatis.

  1. Karakter bintang atau asterisk (*) mewakili 1 atau banyak karakter teks. Misal "Ja*a" akan bisa digunakan untuk menemukan teks Jawa, Jakarta, Jayapura.
  2. Karakter tanda tanya atau question mark (?) digunakan untk mewakili 1 karakter teks/string. Misal "M?hammad" bisa digunkan untuk menemukan teks Muhammad, Mohammad, dan lain sebagianya.
Fitur REPLACE Microsoft Excel

Lalu bagaimana jika menghendaki menemukan wildcard characters itu sendiri? misal kita ingin menemukan atau menghilangkan tanda tanya (?) yang tertulis diteks. Untuk menemukan karakter wildcard gunakan strip bengkok atau tanda tilde(~) sebelum karakter wildcard tersebut. misal: "*~?" pencarian dengan teks ini akan menemukan setiap kata yang diakhiri dengan tanda tanya.

Sedangkan untuk menemukan karakter "~" masukkan karakter tersebut 2 kali "~~" dalam kolom pencarian.

Bagaimana, mudah bukan? Jika tutorial ini bermanfaat, yuk di-share! agar lebih banyak teman-teman lain yang juga bisa mendapatkan manfaatnya.

LANGGANAN GRATIS!

Dapatkan update tutorial excel gratis langsung ke email anda.